Ini Lho 3 Grand Strategi Penanganan Bencana Menurut Prof Syahid

LPB DIGITAL, JAKARTA – Wakil Ketua Penggalangan Sumberdaya, Kerjasama Antar Lembaga & Bantuan Kemanusiaan Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) Pusat, Prof. Dr. Drs. H. Ahmad Syahid, M.Ag memaparkan tiga grand strategi penanganan bencana.

Penanggulangan Bencana, baik alam maupun non alam, diperlukan strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membantu korban terdampak bencana.

Hal itu diungkapkan Prof Syahid dalam dialog di TV MUI Kamis (28/4/2022).

Strategi pertama, pengelolaan sumber daya, baik manusia, material, informasi, dan akumulasi ilmu pengetahuan.

Kedua, konsolidasi jaringan kerjasama. Kerjasama dengan badan-badan dunia, negara dan perusahaan internasional menjadi penting dan urgen, di samping konsolidasi dan koordinasi dengan pemerintah, baik kementerian maupun lembaga, perusahaan, lalu ormas keagamaan dan LSM.

Ketiga, penanganan bencana, mulai dari mitigasi, penanganan bencana dan pasca bencana. Pelibatan semua pihak, aparatus negara, tokoh agama-agama, aktivis, ilmuwan, dll., terutama tingkat lokal yang hidup bersama di tengah-tengah masyarakat.

Dalam konteks bencana, kuat dugaan dan berdasarkan data, mereka adalah pihak pertama yang menangani dengan terjun ke masyarakat, di samping harus menangani problemnya sendiri. (*)